Friday, July 22, 2016

TANGGAPAN BIJAKSANA ERDOGAN ATAS KESOMBONGAN PRESIDEN PRANCIS (2010)




Presiden Recep Tayib Erdogan adalah Presiden negara Turki yang bagi mayorita umat islam dunia saat ini adalah sosok pemimpin negara islam yang sangat berpengaruh dan menjadi sorotan. kegagalan kudeta turki adalah sebuah bukti "keberuntungan" dan perlindungan allah terhadatnya.
ada cerita menarik lainnya mengenai kebijaksanaan dan keluasan pengetahuannya, yaitu kami kutip dari www.tarbiyah.net.

Tahun 2010, Presiden Perancis saat itu, Nicholas Sarkozy, mengadakan kunjungan singkat ke Turki, selama enam jam saja. Dalam kunjungan itu, ia menolak datang sebagai seorang Presiden Perancis. Ia lebih memilih untuk berkunjung sebagai seorang ketua organisasi G-20, dimana Perancis sebagai negara ketua G-20 saat itu, dan Turki adalah anggotanya.

Masyarakat Turki dan kaum muslimin secara umum tidak terima trhadap intimidasi dan perlakuan Pemerintahan Sarkozi terhadap Muslim di Francis, lalu perdana mentri Turki kala itu Recep tayib Erdogan memberikan pelajaran baik bagaimana cara berhubungan dengan Negara besar dengan memberikan hadiah atau kado kenang-kenangan yang mengambarkan kebesaran Turki dari negaranya Francis, dan hadiah ini membuat sarkozy nyaris tak bisa berkata-kata.

Hadiah kenang-kenangan apa yang diberikan erdogan keada sarkozy? Hanya sebuah surat yang diambil dari arsip –arsip turki Utsmani, surat ini merupakan surat balasan sultan Turki Utsmani kala itu Sulaiman Al-Qonuni kepada raja Francis, Francis I yang meminta bantuan Turki Utsmani mengadapi pasukan spanyol yang meyerang negaranya dan menawannya.




No comments:

Post a Comment